Text Drama

1895

Malam sunyi masih membungkus rumah kecil di tengah hutan itu,suasana terasa hening, hanya terdengar suara decak bintang-bintang kecil angin bertiup pelan seperti membelai tiap helai bulu kuduk dengan lembut.
Rumah yang seakan terisolasi dari dunia luar itu semakin menambah kesan seram seiring tiadanya ventilasi dan bertambah pengapnya sudut-sudut ruangan itu desir angin terus membelai sosok misterius yang berada didalam, seseorang pemuda berusia berkisar antara 13-15 tahun wajahnya setengah sadar ,sekujur tubuhnya berkucuran peluh-peluh menganiaiya batinnya sesaji-sesaji tua dilengkapi bunga kamboja menemani malam sosok pemuda itu
I: “Hidup ku bukan masalah darah ,bukan masalah tanah kelahiran ,mereka begitu gampang melecehkanku aku sudah lelah dengan semua gujatan-gujatan mereka sekaranglah sudah saatnya aku menutup mulut mereka sebilah pisau ini akan mengantarkan kalian pada kematian(sambil mengangkat tinggi-tinggi)”siing takut sembah sing kuat” (berseru kencang)
Jrus . . . . . . . . . . tangan pemuda itu sekuat tenaga menancapkan pisau diwajahnya sendiri dan ditatahkan dengan kuatnya membelag tulang tengkoraknya sendiri ia pun ROBOH . . . . . . .
Suasana sepi……. Angin pun tak kuasa menampakan diri . . . . .,, hening kembali beranjak ,, hening …………………………………….sayup sayup suara bayi memecah keheningan, tanpa ayah, tanpa ibu, tanpa wujud…………….membelah malam yang sunyi tanpa batas itu…………

2011

Langit senja Jakarta hari ini lebih merah dari pada biasanya ,, matahari mulai terbenam disebelah barat,pukul 4 sore seperti biasa,rutinitas masih berjalan mobil-mobil merayap pulang dari kesibukannya keseharian
UNTAR kian sepi hanya tertinggal segelintir pemuda malang yang mengorbankan waktunya untuk sekripsi tahun ini………….refi dan ilham dua mahasiswa baru yang ingin cepat lulus mengobrol masalah kelulusan

Ilham : “men….. pokoknya gue harus lulus, gue dah ga mau ngecewain bapak ma ibu gue”

Reffi : “hahahahahahaha,makanya bro loe jgan maen game mulu

Ilham : “Anjritttttt…..! loe malah ngledekin lagi”

Reffi : “Sorryyy bos”

Febri : “ Heh…….. Heh……. Heh ……. Men men si arief balikan lagi tu ma pcrnya”

Reffi : “Wwehhhhhhh,gila tu anak dasar plin-plan tu anak”

Ilham :”hahahaha iya ya dasar tu anak”

Arif :(cengar-cengir) “hehe, agi ngapa loe-loe pada? Kyak cacing kremi berdiri ga jelas gitu”

Febri : “dasar loe yang baru balikan hepi banget

Arif : Hehe…… iya dong

Febri : Eh men.. men… rencana kita lusa jadi kagak

Ilham : Eh iya, gimana vila babe lu udah lu omongin ama babe lu belom

Febri : Iya men, soalnya Cuma di hutan terlarang deket pondok itu tempat
Yang cocok buat nguji nyali kita-kita

Reffi : Kalo lu lu smua jadi gua ma oke-oke aja

Arif : Beneran ni kita jadi maen jalangkung di sono

Ilham : Lu brani kagak

Arif : Gua ragu-ragu ni

Febri : Halah.. Dasar banci lu

Arif : Ya bukanya gitu bro, gua Cuma ragu-ragu aja

Ilham : Jiah.. Pake ngeles segala lagi lu

Arif : Ya uda lah gua ngikut aja dah

Reffi : Siip dah klo gitu besok gua tunggu di rumah gua oke

Ilham, febri arif : Okke.. okke

Reffi : Ya uda cabut yok

Ilham : Hmm, Gua balik dulu ya

Febri : Dasar lu pada ninggalin mulu

Ilham : Emank gua emak lo apa suruh nemenin mulu

Arif : Gua uda di jemput tuh gua duluan ya

Febri : jiah.. ni juga , kaga setia kawan lu

Arif : Sorrrry Broo.. Hahaha

Reffi : Duluan ya men

Ilham : Emank lu kagak cepetan pulang kenapa

Febri : Ntar dlu buku gua masih ketinggalan di parpus

Ilham : Halaaah… sok rajin lu ma

Reffi : Paling juga Cuma buku porno

Febri : Enak aja lu ngomong

Ilham : Ya uda dluan ya bro

Febri : Yoi

Kampus sepi Cuma tinggal Satpam-satpam gila yang rela Nunggu

kampus dengan setia ,Febri sendiri di lorong lobi ,Febri trlihat amat lelah dengan keringat bercucuran di dahinya ,Febri tetap lurus dengan langkah
Tegap menaiki tangga menuju lantai 2

Febri : Annjrit.. Sepia mat yak ni kampus , jadi merinding gua. Biasanya sii
Gua kudu treak2 biar pada minggir ,tapi sekarang sepi buangeet yak
Mana merinding lagi gua

Pak jono : Belum pulang den?

Febri : Belum Pak , masih ada buku yang ketinggalan di perpus

Pak Jono : Nggih denn ati2

Febri : loh emank knp pak ?

Febri bertanya-tanya apa maksud perkataan pak jono tadi ,hanya senyum dingin & acuh tak acuh pak jono meninggalkan febri

Febri : Dasar orang tua gila

Sunyi menekan sore itu seperti mencekik , hawa lorong lantai 2 kampus membuat febri sulit bernafas

Febri : Ukhh… Sesek… Huhhh .. Jadi takut gua lama-lama lariii akh biar
Rada cepet nyampenya

Praakkk …. Tiba-tiba beberapa buku terjatuh dari rak buku

Febri : Sialan apaan lagi tu tadi yak Haaaah …. Takut gua uda akh gua mo
Cepetan pulang aja

Sunyi terus menganiaya kampus dari lorong barat lantai 2 pak jono melihat febri lari terbirit-birit ,hanya tersenyum sinis penuh dendam gelap mencekam langit jakrta di bawah renungan rembulan malam

Refi terbangun jam 10 pagi karena hpnya terus berbunyi di tengah rasa
Ngantuknya dia memaksakan matanya utk terbuka karena memank hp yang
Berbunyi tadi adalah arif yang menelfon

Reffi : Apaan sii ,kaya kaga ada kerjaan aja lu gangguin orang lagi molo

Arif : Ni kite anak-anak ud nunggu di depan lu jadi gak, goblok lu…….

Reffi : Sorry-sory lupa gua hahahahah

Prak….. prak….. prak….(menuruni tangga)
Krekk…… (reffi membuka pintu)

Ilham : Haaah elu mentang-mentang anak orang kaya jm segini bru bsa
Bangun

Febri : iya lu dasar..

Arif : keluarga lu pada kemana ref?

Reffi : Pada ke bandung smua

Febri : lu kaga ikut?

Refi : males banget gua

Arif : Ya udah mandi dulu sono

Reffi : Iya2 , jangan maling ya lu pada

Refi begegas mandi dia naik ke lantai 2 rumahnya yang sunya dab besar ini
Memang bagus tetapi beberapa ruangan memang tersa pengap ,memberikan
Memberikan kesan seram

Reffi : Ok smua ita berangkat sekarang

Febri : lama banget lu, ngapain aja lu di dalem

Arif : Dasar cewek lu

Reffi : Crewt lu semua

Arif : smua uda pada siap blom lu

Febri : Udah lah

Arif ; Klo gitu tunggu apa lagi kita berangkat sekarang aja

Reffi : ok..ok…

Jam 12 ke 4 pemuda itu pergi meninggalkan rumah untuk ke bogor ,tepatnya
Vila keluarga refi yang dulu sewaktu kecil pernah mereka kunjungi ……,ditinggalkannya rumah yang kininsepi tanpa penghuni itu…… suara misterius rintihan tawa wanita kecil terdengar dari lantai 2 semakin memecah ketenangan , hawa pengap di ruma keluarga Subagyo itu.

Febri : udah loe cek belum nie mobilnya?

Reffi : udah deh, tenang aja bensin full mesin top

Ilham : siippp dah, kita cabut

Arif : yok i i i

Reffi : barangnya udah loe bawa kan Hem?

Ilham : tenang aja, kalau dam ague semuanya beres

Febri : hahahaha, dasar loe semua jadi manggil dia

Arif : apaann?

Reffi : ada lah, entar loe juga tau

Ilham, Febri : hahahaha, bisa bisa

Siang berganti petang, terik matahari yang sepanjang jalan terus menderai mereka, kini sudah berganti menjadi kuning cahaya langit penuh gemerlap langit senja.

Febri : masih jauh ga sih Ref ?

Reffi : 2 Km lagi tuh

Ilham : kayak ga pernah kesini aja loe

Febri : yeee,, gue kan lupa

Reffi : anjrit, macet lagi

Ilham : lagian jam segini ngapa sih macet

Arif : namanya aja sore hari pasti juga macet lah, masuk aja ke gang situ

Reffi : boleh juga ide loe

Febri : Gila…. Sepi amat yak

Ilham : eh….. Ref ni jalan namanya Akartana kan?

Reffi : iya, jalan yang dulunya ada perempuan gantung diri

Arif : hahhhh, terus ngapaen loe pake berenti?

Reffi ; mobilnya mogok nie ( sambil menyelam minum air)

Febri : sudah, jangan rebut bului kuduk gue merinding nie

Ilham : iya, sama

Febri : sini, biar cob ague yang pegang

Sementara arif&refi berdebat ,Febri menyetir mobilnya namun tetap menyala ,, refi dan arif menghentikan perdebatan mereka , menatab febri dengan kesal

Ilham : feb cepetan

Febri : sabar bos, nie lagi ue coba

Arif : coba sekali lagi

Febri : berhasil berhasil berhasil

Reffi : ya uda, cepetan jalan , aneh banget

Ilham : hust, kualat loe Ref

Refi : hadedeh, biasa aja lagi

Mobil bergerak perlahan, makin lama semakin cepat meninggalkan seorang wanita pucat berkebaya lusuh, pandangannya kosong terpana, bibirnya seperti dijahit benang tebal, Febri,Refi,Arif,Ilham tidak melihat wanita berkebaya lusuh itu. Naman dia melihat mereka, menatap dingin dari jendela kanan, berdiri disebelah Refi.
Mobil melaju kencang ………, desir angin malam membelah kesunyian , Land rover refi berhenti di sebuah rumah besar , berpagar besi besi yang sudah mulai karatan karma lamanya usia.

Reffi : gila…. Capek banget gue

Ilham : nyante jek, dah sampe tuh

Arif ; wiih, gila. Gede banget vila keluarga loe ref

Ilham ; loe blom liad dlemnya, bias pingsan ntar loe

Febri ; yauda kta masuk yuk, pgel gue

Pak Narto : den Refi, ngapa nggak bilang kalau mau kesini?

Reffi : lupa pak, hehehehe

Pak Narto : mboten nopo’’ den, cepet masuk sudah malem, untung si mbok sudah masak kalau mau makan mandi dulu den, jangan lupa shlat

Reffi : ngeh pak

Arif : sapa ref?

Refi : orang kepercayaan bapak gue, Pak Narto

Febri ; udah tua banget ya ref, dulu kita kan maen bola ama dia

Pak Narto ; den, barang barangnya saya taruh kamar ya

Febri : Udah-udah pak biar ilham aja yang bawa

Reffi : udah-udah ….e pak biar ilham aja ntar yang bawa

Mbok Jem : gimana,Non Alda sehat?

Reffi : Alhamdullilah mbok sehat

Mbok Jem : Nggeh den alhamdullilah,ea dah cepetan mandi terus makan malam

Reffi : nggeh mbok

Angin malam terus menyelimuti keluarga subagyo ,, bangunan tua ini seakan terus membawa pada zaman penjajahan 200/300 tahun yang lalu kebudayan jawa dan belanda masih kental . refi yabg malam itu berkeliaran sendirian seolah masuk dalam kenanhan tentang segala yang pernah terjadi di bangunan tua itu , bertahun tahun yang lalu entah dinding dinding ruangan itu sudah menyaksikan apa saja , sebuah tempat yang terus ditempa zaman tidan lapuk dan pudar oleh kikisan waktu

Reffi : gila, uda lama banget gue ksii , jadi inget masa lalu

Mbog jem ; den rei, dah malem blom tidur

Pak narto ; lhoh den refi.

Reffi : saya jadi inget masa kecil disini dulu mbog

Mbog jem : iya den, karena kesibukan bapak sama ibu den refi jadi dititipkan disini

Reffi : makasi banget yam bog , pak

Mbog jem : sama” den, itu memang tuga kami, sekarang aden sudah besar harus bias jaga diri

Pak narto : iya den, jangan mudah terpengaruh

Mbog jem : memang pak, pergaulan anak” muda jaman sekarang susah diatur

Reffi ; tenang mbog pak, saya tau kog

Pak Narto, mbog jem : iya den

Febri : maaf saya ganggu ( tiba” dating)

Reffi : gapap feb, sante aja

Febri : gak kog ref lagian gue jga mau tdur

Reffi : dah makan lom loe?

Febri : kalau msalah makan ga usah Tanya, pasti udah

Reffi : dasar loe

Mbog jem : yang lain kmana nag febri?

Febri : dikamar mbog, saya tidur dlu mbog

Mbog jem : iya nag

Febri : eh ref, gue tdur dluan ya

Reffi : ia ia bro

Pak narto : yauda den dh malam, tdur dlu aja sana, bsk msti mau ke hutan kan

Reffi : iy pak

Mbog jem : cuci kaki dulu den

Reffi : ea mbog, saya dah tau

Pak narto : sips dah

Malam semakin larut …. Suara binatang-binatang malam yang tadinya terus hening malaam pun sunyi tinggall gelap mendampingi. Kerlingan bintang terlintas hari yang apanjang akan segera berakhir

Langit malam kota sudah berakhir, matahari pagi siap menggantikan dinggin semua yg terbisasa bangun pagi sudah memprsiapkan barang” mereka dahulu

Arif : ntar jadi ga sih mainnya?

Reffi : uda, nyante aja lagi

Febri : tenang aja gitu lho rif

Reffi : uda, kita sarapan dulu aja

Mbog jem : semuanya jadi berangkat sekarang?

Reffi : jdi, kita cma lbur 2 hari, jadi harus bner” dmanfaatin lburnya

Pak narto : ati-ati lo den kalo kesana pulangnya jangan malem-malem kalo
Perlu bawa bekal nanti
Mbok jem: iya den mbok bawain bekal ya

Reffi : bawa bekal gax

Ilham : emh…. Klo kita sich terserah lu aja

Arif : iya ref kita nurut aja

Febri : mending bawa aja , klo pulangnya kemaleman gimana

Reffi : dasar lu pep makan mulu ,ya uda mbok bawa aja

Mbok jem : ya uda den sarapan dulu terus berangkat keburu siang ntar

Reffi : Ya mbok

Pak narto : perlu diantar ga den ,takut kenapa-napa

Reffi : halah pak ga usah

Pak narto : bener de?

Reffi : bner ga pa pa kok pak

Pak narto : ya uda den kalo gitu sarapan dulu

Reffi : ya pak

Pukul 10.58 hutan yang notabenya sepi tak berpenghuni itu terus berdenyut setiap denyut nafasnya sangat berarti bagi bumi yang renta kesunyian terpecah,oleh suara deru kaki yang sengaja membahayakan diri untuk keenangan mereka

Febri : masih jauh gas sii ref

Reffi : kaga tau gua juga uda lupa

Arif : loh kok lu malah lupa na terus gimana sekarang nii

Reffi : bukan ggitu gua Cuma lupa jalannya tapi tempatnya sii gua inget

Ilham : knape sii lu gelisah amat

Arif : Apaan sii lu

Febri : gila ntar lagi sore lagi

Reffi : Sssssst… diem-diem ,lu ngrasa hawa disini uda berubah gak

Arif : Eh.. ,men men tu kayaknya rumah tu, jangan-jangan itu kali rumah
Yang lu maksud

Reffi : Oo.. iye bener-bener tu rumahnye

Febri : ahhh….. akhirnya….

Rumah kosong ini masih terasa sama seperti saat seperti dulu mereka sering berkunjung kerumah itu.
Decak jarum jam terasa terburu terpacu waktu, dan kerasnya malam sebuah rumah kosong yang sunyi yang sudah lama tak terjamah itu batin refi terasa terpacu.

Reffi : gue panic nie

Arif : makanya jangan pada sombong loe – loe pada

Febri : jadi gag nie rencana kita?

Ilham : hya jadilah ( sog pemberani )

Arif : kenapa muka loe panik?

Ilham : apa loe? Nuduh gue yang ngak – ngak

Febri : uda lah, jangan pada berantem, kita kan lagi dirumah serem

Ilham : anjrit, rebut ja loe semua bikin kesel aja

Arif : men, balik yuk

Febri ; hah, bodoh loe dah sampe sini mau balik lagi

Ilham : iya, nanggung lagi

Refi : lagian gue pengin tauapa dia ada

Arif : dia…?

Reffi : ea dah cepetan

Ilham :barangnya loe taruh mana feb?

Febri : Nich gue bawa

Reffi : cepetan loe keluarin jalangkungnya !

Febri : nich (sambil ngeluarin jalangkungnya)

Ruangan kian sunyi seiring keluarnya hawa dari benda itu,seisi ruanang seakan terguncang olah hawa sesak itu,

Reffi : mana spidolnya?

Ilham : nie (sambil ngasih spidol)

Arif : men….. gue merinding nich

Febri : udah rif tenang aja

Ilham : nie ref buku gambarnya

Reffi mengambil buku gambar itu, ia sobek selembar buku gambar itu ia memandangi semua barang barang yang sudah tidak asing itu, refi pegang erat bungkusan putih itu, ia buka bungkusan itu dan terlihat jelas jalangkung itusebuah tongka kayu dibungkus silang diatasnya dipasang setengah batok kelapa, berkain suai panjang dari ujung putih sehinnga seperti memakai baju ,, memang terlihat konyol , tapi boneka pemanggil setan itu sangat menakutkan

Reffi : jalangkung jalangkung jalangkung datang

Febri ; apaan?

Ilham : tunggu bentar, coba lagi ref

Reffi : jalangkung jalangkung jalangkung dating

Ilham :hah hah loe denger ga?

Febri : bob bon bonekanya gerak sendiri

Reffi : diem loe semua

Febri : gila geter geter ndiri nih

Arif : heh heh heh jangan dilepasin ref

Reffi : tenang aja, kita pegang sama sama

Ilham : merinding semua ni gue

Keadaan dikamar itu semakin sepe, malam semakin sunyi

Febri : cepet Tanya Tanya sesuatu

Reffi : si ….. siapa namamu?

Spidol yang diikat dijalangkung itu bergerak, memberi goresan pada kertas dan menuliskan sebuah tulisan

Ilham ; dietrakarta wijaya, itu namanya, pegang erat erat ref

Arif : Tanya lagi Tanya lagi

Reffi : kamu mati kenapa?

Setelah semua terhening , semua terdiam jalangkung it uterus memberikan goresan yang tidak beraturan, goncangan dari jalangkung membuat refi ersentak sentak

Reffi ; eh men men bonekanya kenceng banget nih

Febri : bodoh, jangan sampe lepas ref

Reffi : goblog loe semua, bantuin megangin

Sseketika itu, tangan keempat pemuda itu langsung memegani boneka jalangkung itu

Reffi : lepas…. Lepas bonekanya, kuat banget goncangannya

Zzrat seketika itu spidol menjadi tajam dan menusuk dada febri,

Febri : aaakkkhh apa – apaan nie jalangkung?

Ilham : he jangan diem adja loe

Seketika itu juga jalangkung menusuk kepala ilham

Reffi : heeeeem

Arif : uda gue bilang, firasat gue benerkan tentang semua ini

boneka itu terbang tinngi, tangan febri menempel diboneka itu dada arif terhunus

dengan cepat semua sunyi beruba menjadi tegang, melihat semua itu refi langsung lari terbirit birit ditelan malam yang dengan tanpa jejak. Seorang diri Refi menyesali perbuatannya,kemana dia harus mencari bantuan ditengah hutan kosong ditelan malam

Dingin malam terus menghunus fikiran bintang-bintang malam kesunyiannya menikan darah hingga ujung kepala ………,,, menyudut pada setumpuk mayat yang tergeletak tanpa ruang gelap di hati
Disudut berdiri seorang dengan pandangan sunyi dan kosong tertawa sinis memandang beberapa mayat yang tergeletak, penuh dengan rasa puas
Iya lewati malam dengan darah penuh dendam

TAMAT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s